objek wisata Taman Nasional Komodo berada di
objek wisata Taman Nasional Komodo berada di

Objek Wisata Taman Nasional Komodo Berada Di Nusa Tenggara- Tidak akan berhenti kagum ketika bercerita tentang hewan Komodo. Hewan endemik Indonesia yang dipercaya memiliki keturunan dinosaurus. Komodo atau nama latinnya Varanasus Komodoensis merupakan kadal terbesar di dunia. Tentu saja menjadi kebanggaan bagi Negara Indonesia. Komodo liar bisa ditemukan di salah satu pulau bagian timur Indonesia, yaitu Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo termasuk salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Bukan hanya hewan Komodo saja yang menjadi daya tariknya. Ada beberapa fauna dan flora juga tidak kalah menariknya. Terutama pada perairannya. Ada banyak yang harus diketahui  tentang Taman Nasional Komodo. Mulai dari sejarahnya sampai sosial budaya berikut ini. Perhatikan juga artikel menarik tentang bimbel stan ini ya.

Serba Serbi Objek Taman Nasional Komodo Berada Di Nusa Tenggara Timur

 

objek wisata Taman Nasional Komodo berada di
objek wisata Taman Nasional Komodo berada di

Letak

Objek Wisata Taman Nasional  Komodo berada di wilayah Pulau Flores. Lebih tepatnya di Labuan Bajo yang masuk dalam daerah Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini dikelola oleh sebuah balai yang termasuk Unit Pelaksanaan Tugas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.  Di dalam Taman Nasional Komodo terbagi menjadi beberapa pulau besar. Ada Pulau Padar, Pulau Rinca, Pulau Komodo, dan pulau kecil lainnya.

Sejarah

Peresmian berdirinya Taman Nasional Komodo pada tanggal 6 Maret 1980. Sehingga dimasukkan dalam taman nasional tertua di Indonesia. Pada awalnya berdiri, ditetapkan sebagai taman nasional, kemudian beralih menjadi Cagar Manusia dan Biosfer. Bahkan UNESCO juga menetapkan taman Nasional Komodo menjadi Situs Warisan dunia. Dan terakhir tahun 2006, menjadi Taman Nasional Model oleh Pemerintah Indonesia.

Objek Wisata Taman Nasional Komodo berada di salah satu surga di wilayah timur Indonesia. Kawasan ini terbentuk karena dua benua yang terbentur membentuk deretan unik. Sehingga terjadi beberapa campuran hewan dan burung dari Asia dan Australia yang cukup menarik dan unik.

Flora dan Fauna

Flora dan fauna di Taman Nasional Komodo sangat beragam yang memiliki ciri seperti hewan di Asia dan Australia. Untuk fauna, bukan hanya ada Komodo saja. Ada juga beberapa jenis mamalia, burung dan reptil. Jenis mamalia contohnya monyet ekor panjang, rusa, babi hutan, anjing hutan, musang, tikus besar, kerbau liar, dan lain sebagainya.

Ada berbagai burung yang memiliki warna cantik seperti jenis Australia dalam objek wisata Taman Nasional Komodo berada di Pulau Flores.  Misalnya kakatua jambul kuning, burung kacamata laut, perkutut, pergam, dan lain-lain. Sedangkan untuk jenis reptil selain komodo ada beberapa jenia ular, misalnya ular pohon hijau, ular laut, ular sanca. Selain itu ada 2 jenis penyu yaitu penyu sisik dan hijau, ada tokek dan juga kadal.

Taman Nasional Komodo bisa ditemui beberapa macam ekosistem. Di beberapa wilayah terdapat hutan magrove, terumbu karang, dan ekosistem padang lamun. Ada dua ratus lebih spesies terumbu karang yang bisa ditemukan di ekosistem terumbu karang. Sehingga bisa ditemukan 1000 lebih spesies ikan. Banyaknya jenis terumbu karang membuat pecintasnorkeling datang ke Taman Nasional Komodo. Perhatikan juga artikel menarik terkait rekomendasi jasa penulis artikel terpercaya ini ya.

Sosial Budaya Masyarakat Di Taman Nasional Komodo

Meskipun pulau kecil, ternyata tiga pulau besar yang termasuk objek wisata Taman Nasional Komodo berada di Nusa Tenggara Timur memiliki beberapa kampung. Terdapat empat desa yang tersebar di tiga pulau. Di Pulau Komodo dan Pulau Padar hanya ada satu kampung saja. Sisanya  berada di Pulau Rinca. Masyarakat yang tinggal di sekitar Taman Nasional Komodo mempercayai bahwa komodo termasuk keluarga mereka. Sehingga masyarakat sekitar pantang untuk memburunya. Bahkan sedikit sebagian masyarakat memiliki kemampuan luar biasa. Yaitu bisa menyelam laut sedalam 15 sampai 25 meter hanya satu kali napas.

Sangat menarik mengetahui serba-serbi objek wisata Taman Nasional Komodo berada di Nusa Tenggara Timur. Patutlah sebagai generasi muda untuk melestarikan. Karena komodo ditengarai sebagai salah satu hewan yang mulai langka. Bukan hanya kadal raksasa saja yang menjadi daya tarik Taman Nasional Komodo. Banyak wisatawan yang mengatakan perairan di sana bisa dikatakan sebagai salah satu yang terindah di dunia. Snorkeling, diving, memancing, dan lain sebagainya bisa dilakukan tanpa ada masalah.